Senin, 25 Mei 2009

Prospek Bisnis

Kalau kita melihat dari segi bisnis dvb-h memang menjanjikan melihat aplikasi teknologinya sudah dapat di terapkan dalam handphone.Handpone sudah tidak hanya menjadi telekomunikasi tapi tempat masyarakat dalam bekerja, bersosialisasi, dan lain-lain, hp sudah tidak bisa dipisahkan lagi bagi masyarakat, hal ini jelas akan berpengaruh pada masyarakat karena ada kemungkinan bahwa teknologi dvb-h bias di nikmati di setiap hp. Seperti yang kita ketahui bersama dari tahun 1962 penyiaran televisi kita menggunakan teknologi tv analog bermigrasi ke tv digital yang di resmikan oleh bapak presiden kita Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008 yang lalu. Hal ini jelas menjadi berpengaruh besar akan teknlogi televisi kita di masa depan.
Pada prinsipnya pemerintah akan memperhatikan kemampuan industri dalam negeri dalam menyediakan peranti terminal untuk pelanggan atau customer premise equipment (CPE). Meski belum banyak, kemampuan lokal sudah ada. Pemerintah berharap industri lokal dapat menyesuaikan perkembangan teknologi dan fungsi integrasi.

Ponsel misalnya, menjadi peranti yang mengintegrasikan berbagai jenis pelayanan yaitu tidak hanya sebagai peranti teleponi, tetapi juga memiliki fungsi seperti kartu kredit, radio, perekam, video, organizer dan sebagainya.

Tidak dipungkiri bahwa sekilas tampak pemerintahlah yang paling banyak memperoleh digital deviden dari migrasi ini, yaitu semakin banyaknya alokasi frekuensi yang dapat “dijual” kepada para pelaku bisnis penyiaran TV. Sementara para pelaku bisnis dari kalangan swasta seolah harus puas menghadapi digital consequent nya, tanpa bisa berbuat banyak demi menjaga kesempatan untuk tetap berbisnis di bidang ini. Namun bila lebih jauh dipelajari, sebenarnya proses migrasi ini dapat memberikan deviden bagi seluruh stakeholder. Hal ini sangat tergantung dari kesiapan masing-masing pihak dalam menyikapinya.

Selain pemerintah, beberapa pihak telah melakukan persiapan menghadapi migrasi ini. Para pelaku industri penyiaran, dalam hal ini industri radio dan televisilah yang paling banyak terlihat melakukan persiapan. Industri penyiaran TV telah melakukan ujicoba siaran digital melalui pembentukan konsorsium TV digital yang khusus disiapkan untuk menyesuaikan diri dengan model bisnis TV digital. Ini juga mengawali satu era dimana Diversity of Ownership telah dapat mulai diposisikan kembali secara proposional, walau belum optimal.
Bagaimanapun pada era penyiaran digital telah terjadi konvergensi antarteknologi penyiaran (broadcasting), teknologi komunikasi (telepon), dan teknologi internet (IT). Dalam era penyiaran digital, ketiga teknologi tersebut sudah menyatu dalam satu media transmisi. Dengan demikian akses masyarakat untuk memperoleh ataupun menyampaikan informasi menjadi semakin mudah dan terbuka.

Mengingat karakter masyarakat Indonesia yang sangat majemuk dan dengan tingkat pendidikan yang sangat beragam, diperlukan tuntunan kepada masyarakat bagaimana memilih program yang benar. Untuk itu, diperlukan broadcaster yang bertanggung jawab dan adanya lembaga pengawas konten yang berwibawa.

Momentum penyiaran digital dapat membuka peluang yang lebih banyak bagi masyarakat dalam meningkatkan kemampuan ekonominya. Peluang usaha di bidang rumah produksi, pembuatan aplikasi-aplikasi audio, video dan multimedia, industri senetron, film, hiburan, komedi dan sejenisnya menjadi potensi baru untuk menghidupkan ekonomi masyarakat.
DVB-H merupakan sistem dalam smart phone yang dikembangkan berdasarkan konvergensi layanan dari siaran TV digital teresterial dan jaringan komunikasi mobile. Ini merupakan standar untuk menerima siaran TV digital pada perangkat seluler.

DVB-H mulai diujicobakan di Helsinki, finlandia sejak 2003. Standar ini dirancang untuk mengirim data 10 Mbps ke perangkat yang memakai baterai sebagai sumber tenaganya. Dengan DVB-H, konten multimedia dapat dinikmati tanpa harus terhubung ke jaringan mobile.

Nokia kini juga tengah mencoba teknologi DVB-H di Australia. Uji coba tersebut dimulai Juli 2005 dan direncanakan berlangsung selama 12 bulan. Uji coba tersebut bekerjasama dengan Bridge Networks & Telstra, untuk konsumen yang ada di Sydney.

Pada bulan Januari 2006, Nokia dan beberapa perusahaan hiburan seluler Amerika Serikat, membentuk Mobile DTV Alliance, sebuah organisasi untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan DVB-H.
Kalau kita lihat bahwa DVB-H yang standarnya merupakan tv digital akan menjadi sebuah peluang bisnis di masa depan. Sudah ada beberapa vendor besar yang sudah memakai teknologi DVB-H salah satunya adalah Nokia, yang meluncurkan hp N92, ini akan menciptakan semua kemungkinan bahwa di masa depan kelak semua hp sudah menggunakan teknologi dvb-h .
Tahun 2008 yang silam PT Global Mediacom Tbk (Mediacom) bersama dengan Nokia Siemens Networks (atau disebut NSN) mengumumkan kerjasama untuk meluncurkan layanan penyiaran Mobile TV secara komersil di Indonesia yang berbasis Penyiaran Digital Video Genggam (Digital Video Broadcast Handheld – ”DVBH”). Mengingat bahwa tanggung jawab nokia Siemens network di Indonesia adalah sebagai penanggung jawab terhadap sistem dan layanan end-to-end, termasuk implementasi dari seluruh solusi penyiaran dan jaringan dan aplikasi bisnis yang terkait.Dan Mediacom sendiri merupakan adalah kelompok perusahaan di bidang media, penyiaran hiburan dan telekomunikasi yang terbesar dan satu-satunya yang terintegrasi di Indonesia dengan operasional yang mencakup produksi content, penyiaran televise, distribusi content, dan radio, koran, majalah, tabloid, operator telekomunikasi, mobile content aggregator, penyedia jasa nilai tambah and pengintegrasi sistem teknologi informasi.

Jelas perjanjian itu akan menciptakan sebuah peluan usaha yang baru dan menjanjikan kalau kita melihat vitalnya hp bagi masyarakat zaman sekarang. Dengan semakin tumbuhnya peluang konvergensi tv digital dengan platform layanan bergerak, perangkat solusi conditional acces untuk konvergensi yang suah teruji tentunya akan memungkinkan Telkom akan memperoleh keunggulan kompetitif yang kuat dan menghadirkan tingkatan baru layanan TV digital bagi akses pelanggan dari berbagai platform. Kalau kita melihat bahwa tingkat penetrasi TV berbayar di Indonesia saat ini sekitar 1,4 % hal ini akan menciptakan potensi besar bagi peningkatan jumlah pelanggan. Dengan memperluas layanan TV di sector ini untuk menigkatkan pertumbuhan pelanggan.

Standar DVB-H yang baru, tanpa merubah dan mengganggu standar DVB-T untuk penerimaan pada perangkat stasioner, memberikan kesempatan bisnis baru bagi beragam perusahaan, mulai dari operator-operator penyiaran dan selluler maupun bagi manufaktur-manufaktur chip dan produsen-produsen perangkat handheld-nya. Bagi operator penyiaran, teknologi baru ini menjadi kendaraan baru untuk menggaet lebih banyak penonton, selagi penonton tersebut berpindah-pindah. Bagi operator selluler, teknologi ini menawarkan cara yang lebih efisien untuk pengiriman beragam konten multimedia.
Hal ini tentunya menjadi kabar yang sangat baik bagi para broadcaster. Dengan cara ini, sangat memungkinkan bagi broadcaster untuk melayani pelanggannya dengan cara yang sama sekali baru : “Layanan Dimanapun Kapanpun”. Ini juga berarti kesempatan untuk menarik jutaan pelanggan baru dari pengguna handphone.
Tentunya ini menjadi kabar yang sangat bagus bagi pengguna handphone / mobile phone. Standar baru ini semakin memanjakan mereka dengan konten-konten multimedia yang lebih beragam dan lebih murah, pada saat mereka berpindah-pindah. Sangat masuk akal karena layanan televisi sekian lama menjadi layanan dasar di masyarakat, tetapi fasilitas itu tidak ada pada mobile handset. Selain menjadi sirkit bicara, pesan, internet browsing, radio, kamera photo dan video, layanan TV sudah seharusnya melengkapi fitur yang ditawarkan sehingga penyatuan semua ragam multimedia menjadi kenyataan. Logikanya, pengguna mobile phone pasti sangat senang karena mereka tetap dapat menyaksikan acara favoritnya dimana pun, dengan menggunakan perangkat yang mereka bawa-bawa seharian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar